Perlukah Asuransi Mobil Bekas ?

asuransi mobil bekas

Siapa yang bisa menebak masa depan? Hal ini tidak hanya berlaku dalam menjalani hidup saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari seperti mengendarai mobil di jalan. Anda mungkin sudah sangat berhati-hati, menggunakan sabuk pengaman, memanfaatkan lampu sen, menaati lampu lalu-lintas, dan masih saja ada kendaraan lain yang menabrak mobil Anda lantaran mereka sendiri melanggar peraturan.

Hal semacam itulah yang membuat adanya asuransi mobil sangatlah penting. Seperti yang sudah diilustrasikan di atas, risiko ketika mengendarai mobil bisa datang dari mana saja, terutama dari pengendara lain yang tidak mematuhi peraturan. Baik Anda mempunyai mobil yang baru ataupun mobil yang sudah bekas sekalipun, mempunyai asuransi akan memberikan rasa aman sehingga Anda bisa mengendarainya dengan nyaman.

Apa saja keuntungan dari mempunyai asuransi untuk mobil Anda? Inilah beberapa di antaranya:

  1. Kenyamanan pikiran

Mempunyai asuransi yang melindungi mobil Anda berarti Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang terjadi sesuatu yang buruk pada mobil Anda.

  1. Kerusakan ditanggung pihak asuransi

Ketika terjadi kecelakaan yang menyebabkan mobil menjadi rusak, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra, lantaran semuanya sudah ditanggung oleh pihak asuransi.

  1. Tidak menanggung pihak ketiga

Bayangkan jika Anda ternyata harus menanggung beban pihak lain yang terlibat dalam kecelakaan mobil. Tanpa adanya asuransi, bisa dipastikan Anda akan cukup pusing memikirkannya.

  1. Tak perlu biaya ekstra

Tak hanya kecelakaan saja yang ditanggung. Kerusakan karena bencana alam seperti banjir, longsor, ataupun kebakaran juga akan menjadi tanggungan asuransi.

  1. Investasi

Anggap saja asuransi yang Anda punya untuk mobil sebagai investasi yang bisa melindungi aset berharga Anda.

Seperti yang Anda lihat sendiri di atas, tidak ada ruginya Anda mengikutsertakan mobil Anda ke asuransi demi perlindungan. Tentu saja, membicarakan asuransi untuk mobil, biasanya orang akan berpkir bahwa mobil yang dimaksudkan adalah mobil baru, yang baru saja keluar dari pabriknya, dan masih mulus serta berfungsi dengan baik. Jarang orang membicarakan asuransi jika sudah berhubungan dengan mobil bekas.

Padahal, bila dipikir-pikir, sebenarnya hal tersebut cukup ironis, bukan? Mobil bekas, mobil yang notabene umurnya lebih tua, dengan mesin yang kemungkinan besar juga sudah tidak bekerja dengan sempurna lagi, justru tidak diberikan perlindungan. Jangan remehkan asuransi untuk kendaraan dengan status bekas yang Anda beli. Justru kendaraan tersebut lebih membutuhkannya karena:

  • Mobil yang sudah berumur lebih dari 1 tahun, apalagi lebih dari itu, dengan jam terbang yang tinggi, akan membutuhkan perawatan lebih intensif.
  • Risiko Anda mengalami kecelakaan pada mobil bekas lebih besar, entah karena mesin, atau karena kelalaian.
  • Biaya untuk memperbaikinya lebih besar, sehingga tanpa asuransi, Anda akan harus menanggung biaya perawatan cukup besar.

Karena itulah, baik Anda kredit mobil bekas ataupun membeli mobil baru, lebih baik segera saja daftarkan mobil ke asuransi. Hanya saja, waspadalah ketika memilih asuransi, pertimbangkanlah:

  • Pilih asuransi All-risk (untuk segala macam kehilangan dan kerusakan), atau total loss only (mobil benar hilang atau 75% rusak).
  • Perhatikan premi yang harus dibayarkan per bulan. Bisakah Anda membayarnya di samping kredit untuk mobil?
  • Pastikan perusahaan asuransi tersebut sudah mempunyai reputasi yang bagus dengan track record
  • Baca polis asuransi baik-baik, dan lihat apa saja fitur yang ada. Apakah cocok dengan Anda? Apakah ada kata-kata yang terkesan misleading?

Berhati-hati ketika memilih asuransi, baik untuk mobil baru ataupun bekas, akan membuat Anda lebih nyaman dan tenang.

Memberikan Manfaat Warga Indonesia Melalui Media Online